Temukan Pola Makan Vegetarian Yang Sehat Disini

Posted on

Vegetarian, satu kata yang sering anda dengar dan anda pahami sebagai bagian dari pola makan yang tidak mengonsumsi makanan yang berasal dari daging. Namun, jangan salah ternyata masih ada beberapa kelompok vegetarian yang mengonsumsi sebagian jenis daging maupun produk olahan dari hewani. Jadi supaya pola makan vegetarian tetap sehat, maka ada baiknya apabila tetap memperhatikan keseimbangan kandungan nutrisi yang ada di dalamnya, aga sesuai dengan kebutuhan kondisi fisik setiap individu.

Pola Makan Sehat
Pola Makan Vegeratian

Sangat beragam mengapa orang memilih untuk menjadi vegetarian. Sebagian di antaranya memiliki alasan karena faktor kesehatan. Memang tidak bisa dipungkiri jika pola makan vegatirian ini memiliki manfaat bagi kesehatan diantaranya berpengaruh pada berat badan serta tingkat kolesterol yang jauh lebih sehat. Selain itu, pola makan vegetarian ini juga bisa menurunkan risiko penyakit jantung, menurunkan tekanan darah tinggi, kanker usus besar, kanker prostat, serta diabetes tipe 2.

Mengenal Jenis-jenis Pola Makan Vegetarian

Sebagai orang awam tentu akan berfikir apabila telah menerapkan pola makan vegetarian maka akan beranggapan bahwa produk yang dikonsumsi hanya akan berasal dari nabati saja. Namun pada kenyataannya tidak, tidak semua vegetarian melakukan hal demikian. Berikut ini beberapa jenis pola makanan vegetarian yang perlu anda ketahui.

  1. Semivegetarian atau flexitarian
  2. Pola makan vegetarian jenis semivegetarian ini mengonsumsi makanan yang berasal dari tumbuhan, tetapi sesekali masih mengonsumsi makanan yang berasal daging, unggas, produk susu, telur, dan ikan, dengan jumlah yang sedikit.

  3. Lacto vegetarian
  4. Pola makan vegetarian jenis lacto vegetarian ini tidak memasukkan unggas, daging, ikan, serta telur ke menu makanannya. Namun mereka masih mengonsumsi produk-produk makanan yang dihasilkan dari susu, seperti yoghurt, keju, serta mentega.

  5. Ovo-vegetarian
  6. Vegerian jenis ovo vegetarian merupakan kebalikan dari lacto vegetarian. Makanan dari ikan, daging, unggas serta produk susu, tidak dikonsumsi oleh vegetarian jenis ovo vegetarian tetapi vegetarian ini masih memperbolehkan dalam mengkonsumsi telur.

  7. Lacto-ovo vegetarian
  8. Vegetarian jenis lacto ovo vegetarian ini tidak menyertakan semua jenis daging, namun tetap mengonsumsi telur serta susu. Vegetarian jenis lacto ovo vegetarian ini merupakan pola makan vegetarian yang paling ketat karena meniadakan mengkonsumsi daging, unggas, telur, ikan, susu, dan produk olahan susu ke dalam pola makannya.

Zat Gizi Penting yang Harus Diperhatikan Vegetarian

Dengan berbekal pemahaman serta perencanaan yang baik, maka pola makan vegetarian tidak akan menghalangi tubuh Anda dalam mendapatkan asupan nutrisi secara seimbang. Vegetarian bisa mendapatkan beragam zat gizi yang dibutuhkan oleh tubuh, walaupun tidak menyertakan produk hewani.

Berikut ini merupakan nutrisi yang perlu memperoleh perhatian dari pola makan seorang vegetarian.

  1. Protein
  2. Keberadaan protein tentu akan membantu tulang, kulit, otot, serta organ tubuh lain supaya tetap sehat. Susu serta produk olahan menjadi sumber protein. Berhubungan dengan pola makan vegetarian ini, sumber protein bisa anda dapatkan dari kacang-kacangan, produk kedelai, serta biji-bijian utuh. Penting dalam mengonsumsi beragam jenis sumber protein tersebut supaya bisa mencukupi kebutuhan tubuh setiap hari.

  3. Kalsium
  4. Keberadaan kalsium tentu sangat dibutuhkan oleh tubuh kita. Tubuh memerlukan kalsium dalam rangka untuk membangun tulang serta gigi sehat. Biasanya kalsium didapatkan dari produk-produk susu serta olahan, termasuk yoghurt serta keju. Bagi mereka yang menjalankan pola makan vegetarian, kebutuhan akan sumber kalsium bisa mereka dapatkan dari produk kedelai seperti tahu serta tempe, beras, maupun oat yang sudah melewati proses fortifikasi maupun bisa diberikan zat-zat tambahan, kacang-kacangan, tahu, biji wijen, roti dengan tambahan kalsium, serta buah-buahan kering seperti kismis.

  5. Vitamin D
  6. Untuk bisa menyerap kalsium, maka tubuh memerlukan vitamin D. Bagi seorang vegetarian, zat vitamin D ini bisa didapatkan dari sereal serta minuman kedelai yang telah dilengkapi dengan vitamin D. Selain itu, anda juga bisa mengkonsumsi suplemen vitamin D. Anda bisa membaca label produk sebelum anda membeli. Hal ini untuk memastikan kandungan produk-produk hewani tidak ada.

  7. Iodin
  8. Keberadaan iodine bermanfaat bagi tubuh sebagai salah satu bagian dari hormon tiroid yang membantu dalam mengatur pertumbuhan, metabolisme, serta fungsi organ-organ tubuh utama. Bagi para vegetarian memiliki resiko untuk tidak memperoleh asupan iodin dengan cukup. Untuk itu, mereka bisa mengonsumsi berbagai jenis makanan, seperti kentang manis, kacang kedelai, serta jenis sayuran kubis. Beberapa sayuran yang bisa anda konsumsi untuk menambah iodine adalah bok choy, brokoli, serta kembang kol.

  9. Vitamin B12
  10. Tubuh memerlukan vitamin B12 dalam rangka menjaga sistem saraf serta darah supaya tetap sehat. Namun, zat vitamin B12 ini hanya ditemukan secara alami pada produk-produk hewani. Bagi para vegetarian, produk-produk mengandung vitamin B12 sangat terbatas. Beberapa produk yang dilengkapi dengan Vitamin B12 seperti sereal atau minuman susu kedelai bisa menjadi pilihan anda. Namun ada baiknya jika anda juga mempertimbangkan suplemen tambahan dalam mencukupi kebutuhan tubuh.

  11. Zat Besi
  12. Zat besi sangat dibutuhkan bagi tubuh. Mengapa demikian? Karena produksi sel darah merah yang terdapat pada tubuh memerlukan zat besi ini. Beberapa jenis makanan yang bisa anda pilih sebagai sumber zat besi yaitu tepung, biji-bijian, serta sereal yang diperkaya dengan zat besi, roti yang terbuat dari gandum utuh, dan juga sayuran berwarna hijau contohnya brokoli, kacang-kacangan, bayam, dan juga buah yang dikeringkan.

  13. Asam Lemak Omega-3
  14. Asam lemak omge 3 sangat penting dalam menjaga kesehatan jantung. Asam lemak pada umumnya sangat banyak didapatkan dari ikan serta telur. Bagi para vegetarian yang tidak mengonsumsi produk asam lemak omega-3, asam lemak omega 3 ini bisa didapatkan dari berbagai minyak seperti minyak kedelai, minyak kanola, serta kacang kedelai. Apabila asupan dirasa belum mencukupi, maka Anda bisa mengonsumsi produk yang sudah difortifikasi maupun suplemen tambahan.

Langkah-langkah Awal Menjadi Vegetarian

Jika memilih untuk menjalankan pola makan vegetarian, maka jangan terburu-buru untuk melakukannya. Anda perlu untuk mempelajari terlebih dahulu. Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa membantu anda dalam menjalankan pola makan vegetarian.

  1. Pertama anda perlu anda lakukan adalah mengurangi asupan hewani secara bertahap dan teratur. Anda bisa meningkatkan konsumsi makanan nabati setiap minggu. Anda bisa menikmati nasi dengan sayur tumis.
  2. Anda harus cermat dalam mencari pengganti daging. Anda bisa membuat satu resep favorit Anda namun tidak menambahkan daging. Misalnya, perbanyak jenis sayuran serta kacang-kacangan di setiap hidangan sup. Anda juga bisa mensajikan tahu atau tempe goreng sebagai asupan protein anda.
  3. Cari menu serta resep vegetarian melalui internet maupun buku. Anda bisa memilih yang sesuai dengan selera Anda. Semakin banyak jenis makanan yang Anda konsumsi, maka semakin besar asupan nutrisi yang bisa mencukupi kebutuhan nutrisi anda.

Menjadi vegetarian itu artinya anda Anda harus paham nilai-nilai gizi yang terdapat pada makanan yang Anda konsumsi. Anda bisa menyeimbangkan pilihan makanan Anda untuk memperoleh asupan gizi yang tepat supaya kesehatan tubuh tetap terjaga. Anda yang sedang menjalani program diet, tidak ada salahnya untuk menyusun menu diet supaya program diet anda berjalan dengan baik. Semoga tulisan ini bermanfaat untuk anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *