Manfaat Kandungan Krim Pemutih

Posted on

Salah satu cara memperoleh kulit putih yaitu dengan memakai krim pemutih. Diantara anda, adakah yang tidak ingin mempunyai kulit putih? Tentu jawabnya pasti ingin. Kemudian yang menjadi pertanyaan adalah, krim pemutih yang seperti yang memberikan manfaat untuk kulit?

Beragam jenis produk krim pemutih sudah banyak yang beredar di pasaran. Sejumlah produsen kosmetik mengeluarkan berbagai jenis produk krim pemutih andalannya yang dapat membuat siapapun tergoda untuk mencobanya. Yang menjadi pertanyaan adalah, bagaimana cara dari krim pemutih dalam mencerahkan wajah?

Perlu anda ketahui bahwa faktor utama yang bisa menentukan warna kulit seseorang yaitu melanin. Melanin merupakan pigmen yang berfungsi memberi warna pada kulit, mata, serta rambut. Semakin banyak kandungan melanin yang ada pada tubuh anda, maka semakin gelap juga warna kulit seseorang. Dan demikian sebaliknya.

Melanin berfungsi untuk melindungi kulit dari kerusakan karena radiasi sinar matahari serta meningkatkan reaksi kulit pada pancaran sinar matahari. bintik hitam yang sering ditemukandi permukaan kulit seseorang menjadi tanda dari peningkatan produksi melanin di bagian tersebut.

Jumlah melanin yang ada pada kulit ditentukan juga oleh faktor genetik. Selain itu karena factor genetic, ada factor lain yang menentukan kadar melanin yaitu paparan sinar matahari, penggunaan bahan kimia pada kulit, hormon, serta kerusakan kulit yang juga dapat memicu produksi melanin.

Kadar melanin dapat berkurang secara alami. Bagaimana caranya? Caranya adalah dengan mengurangi intensitas paparan sinar matahari ke kulit. Dengan demikian, jumlah melanin akan senantiasa berkurang serta kulit kembali normal.

Baca : salep luka bakar

Ada cara lain yang bisa dilakukan untuk mengurangi kadar melanin, ialah dengan cara menggunakan krim pemutih. Tidak hanya bisa mencerahkan, dengan penggunaan krim pemutih juga sebagai solusi cara menghilangkan bekas jerawat, cara menghilangkan jerawat, cara menghilangkan flek hitam, maupun cara menghilangkan bintik-bintik karena penuaan.

Kenali kandungan krim pemutih Anda

Krim pemutih yang memiliki kandungan bahan aktif maupun kombinasi dari bahan-bahan yang dapat mengurangi jumlah melanin dalam kulit. Beberapa ini adalah sering dicampurkan dalam krim pemutih.

  1. Hidrokinon. Bahan ini adalah bahan utama yang sering dicampurkan pada krim pemutih. Dalam medis, hidrokinon berperan utama dalam menghambat produksi melanin serta mencegah kulit menjadi gelap. Komponen-komponen dari hidrokinon juga mempunyai kemampuan antioksidan yang kuat.
  2. Alpha hydroxy acids atau (AHA). Krim pemutih juga sering memiliki kandungan AHA. Berdasarkan penelitian, krim yang mempunyai kandungan AHA dapat menghambat produksi melanin. Efek samping AHA ialah iritasi ringan serta kulit menjadi lebih sensitif pada matahari. Jadi, penggunaan tabir surya sangat dibutuhkan apabila Anda mengoleskan krim yang memiliki kandungan AHA. Apabila Anda ingin memakai krim AHA, maka mulailah dengan produk yang memiliki kadar AHA rendah terlebih dahulu.
  3. Kojic acid. Adalah salah satu dari produk turunan yang dihasilkan dari proses fermentasi beras. Beberapa penelitian yang dilakukan terhadap kojic acid menunjukkan bahwa kojic acid sangat efektif dalam menghambat produksi kadar melanin.
  4. >Arbutin. Sumber alami hidrokinon. Arbutin berasal secara alami dari daun cranberry, bearberry, mulberry, maupun pir. Bentuk murni arbutin dianggap ampuh dalam mencerahkan kulit.
  5. Vitamin C. Semua krim memiliki kandungan vitamin C. Vitamin C serta turunannya seperti ascorbic acid dipercaya ampuh sebagai antioksidan yang sangat efektif bagi kulit serta membantu mencerahkan kulit.
  6. Merkuri. Krim pemutih yang memiliki kandungan merkuri dapat membahayakan penggunanya, terutama apabila digunakan dengan jangka waktu yang panjang. Pengaruh yang paling berbahaya merkuri yaitu dapat menyebabkan kerusakan ginjal dan saraf. Paparan merkuri yang tinggi bagi ibu hamil juga bisa menyebabkan kecacatan serta gangguan perkembangan pada janin.

Menjadi penting untuk anda perhatikan, lakukan tes alergi terlebih dahulu seperti tangan dengan cara mengambil sedikit krim, kemudian mengoleskannya. Diamkan selama 24 jam. Apabila menimbulkan rasa panas, iritasi, gatal, maka lebih baik untuk dihentikan penggunaannya. Untuk anda yang ingin mendapatkan informasi seputar cara mengeringkan luka bernanah, silakan kunjungi almiira.com. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *