Preferensi Tepat Cara Menghilangkan Jerawat

Posted on

Siapa yang tidak kenal dengan jerawat, keberadaan jerawat selain membuat rasa nyeri, jerawat juga dapat menurunkan rasa percaya diri pada sebagian besar orang. Karena hal itulah mengapa banyak orang yang rela merogoh kantong dalam dalam hanya untuk mengobati jerawat. Tetapi tahukah Anda jika untuk menghilangkan jerawat pada dasarnya tidak boleh dilakukan sembarangan. Penasaran bagaimana cara menghilangkan jerawat? Mari telusuri cara mengobati jerawat yang benar di bawah ini.

Cara Menghilangkan Jerawat
Cara Menghilangkan Jerawat dan bekasnya

Pada dasarnya jerawat berasal dari aktivitas pengeluaran sebum maupun minyak dari kelenjar yang dipunyai oleh kulit secara alami. Hanya saja saat terjadi perubahan hormone, maka memicu produksi sebum yang berlebih atau terlalu banyak sehingga dapat menyumbat pori-pori kulit anda. Komedo terbentuk dari sel kulit mati yang tersumbat. Jika ditambah dengan bakteri pada permukaan kulit anda, maka akan terbentuk jerawat.

Jenis Pengobatan

Pada beberapa jenis jerawat seperti komedo yang berwarna hitam serta putih, pustula atau bintik yang menonjol yang didalamnya terdapat nanah, dan juga nodul yang berupa benjolan yang keras serta terasa sakit. Pengobatan terbaik yang perlu diusahakan untuk jerawat yaitu menghambat pertumbuhan bakteri, mengurangi produksi minyak kulit, dan juga membantu membuka sumbatan sel kulit yang terdapat pada pori-pori. Untuk mengobati jerawat, terdapat dua jenis pengobatan yang bisa dilakukan yaitu :

  • Penggunaan produk bebas

    Pengobatan dengan menggunakan produk bebas maksudnya adalah membersihkan wajah dengan menggunakan sabun maupun produk pembersih khususnya untuk mengobati jerawat yang umumnya banyak mengandung asam salisilat, benzoil peroksida maupun sulfur. Untuk mengatasi bakteri penyebab jerawat, bisa menggunakan produk yang banyak mengandung benzoil peroksida. Berbeda dengan asam salisilat. Keberadaan asam salisiat dapat membantu pengelupasan sel kulit. Produk-produk ini bisa ditemukan dalam bentuk krim, losion, maupun gel.

    Selain asam silisilat dan benzoil, ada bahan lain yang terkandung dalam produk bebas untuk mengobati jerawat seperti alk*hol serta aseton. Alk*hol berperan sebagai antibakteri, sedangkan aseton berperan dalam menghilangkan minyak yang terdapat pada permukaan kulit. Walaupun demikian, masih banyak dokter yang tidak menyarankan untuk mengunakan bahan-bahan ini karena dinilai kurang efektif dalam mengatasi jerawat serta dapat menyebabkan kulit kering.

  • Penggunaan obat Dokter

    Jerawat juga bisa diobati dengan menggunakan antibiotik yang mana dapat membasmi bakteri penyebab jerawat serta mengurangi peradangan. Antibiotik tersebut bisa berupa produk topikal yang biasanya dioleskan secara langsung pada kulit maupun diminum. Apabila digunakan secara bersama dengan benzoil peroksida, maka antibiotik ini dapat bekerja lebih efektif serta mengurangi kemungkinan kulit untuk menjadi lebih kebal terhadap antibiotik yang sama.

    Sekarang sudah tahu bagaimana cara melakukan pengobatan untuk menghilangkan jerawat, tinggal anda yang memilih. Apakah mau menggunakan pengobatan dengan produk bebas atau produk dokter. Anda pun juga bisa mencoba cara menghilangkan bekas jerawat dengan cara alami.Semoga bermanfaat.

  • Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *